Rabu, 04 Desember 2013

Pesta di Rumah Sigi Sigung (kumcer fabel)




Judul : Pesta di Rumah Sigi Sigung
Penulis : Rien Dj
Penyunting : Mastris Radyamas
Ilustrator : Dody YW
Desain sampul : Andi Rasydan
Penerbit : Lintang Indiva (Indiva Media Kreasi)
Jumlah hal : 124
ISBN : 978-602-8277-80-8
Bulan Terbit: Agustus 2013

Ada 18 cerita dalam buku fabel ini. Selain cerita-cerita yang menarik disertai hikmah dan pelajaran, dilengkapi pula dengan fakta mengenai binatang. Misalnya dalam cerita Pesta di Rumah Sigung, ada penjelasan tentang ciri-ciri dan sifat khas binatang sigung.
Judul-judul dalam kumpulan cerita ini antara lain:

1. Hampir Menang
2. Lampu Penyelamat
3. Laba-laba Pemalas
4. Sahabat yang Hebat
5. Pesta di Rumah Sigung
6. Meski Tak Secantik Kupu-kupu
7. Unta Kecil dan Kisah Istimewa
8. Siapakah Aku?
9. Tugas Tikus
10. Mencari Pembantu Raja
11. Sahabat Sejati
12. Kisah Keluarga Semut
13. Sepatu Cantik Cece Cicak
14. Burung Gagak yang Cerdik
15. Suara Paling Indah
16. Aturan Itu Penting

Proses Kreatif
Naskah ini diminta salah seorang marketing dan Pimred-nya. Mereka ingin menerbitkan buku anak tentang binatang. Dengan senang  saya menerima order tersebut. Awalnya saya menulis 10 cerita. Tetapi oleh editornya, saya diminta menambah cerita agar bukunya tidak terlalu tipis. Akhirnya saya berhasil menambah 6 cerita plus fakta atau ilmu pengetahuan tentang hewan dalam cerita saya tersebut.

Gampang Nggak, Sih, Menulis Fabel?
Yah, gampang-gampang susah menurut saya. Yang jelas saya harus punya referensi cukup tentang kehidupan binatang. Syukurlah saya sudah punya koleksi buku tentang hewan dan ensiklopedi. Tentu saja browsing internet tak bisa dilupakan. Ada web milik Harun Yahya yang sangat membantu, juga web English Lesson for kids yang berisi cerita-cerita sederhana. Oya, juga beberapa cerita binatang dari buku yang sudah terbit dan tentu saja dongeng Fabel AESOP. Jangan lupa, ini referensi yang sangat bagus.

Akhirnya buku ini terbit juga setelah hampir tak yakin bakal bisa dinikmati pembaca dan mejeng di toko buku. Semoga saja banyak yang menyukai tulisan saya :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan memberi komentar.