Kamis, 26 Desember 2013

Perkara Huruf Kapital

Jadi, saat ada acara Sharing Editing bersama teman-teman di salah satu penerbit, rupanya saya menjadi bingung dengan penggunaan huruf kapital.
Akhirnya saya perbandingkan antara EYD dan dua teman saya yang sesama editor. Saya juga melihat buku hasil editan salah seorang editor yang sudah punya "nama" dan memiliki jam terbang tinggi.

Kesimpulan yang saya dapatkan seperti ini.

suku Sunda
bani Adam
kaum Aad
bangsa Indonesia
bahasa Indonesia

Negara Indonesia
Kabupaten Sragen
Teluk Penyu
Sungai Bengawan Solo
Masjid Istiqlal
Mushala al-Ikhlas
Puskesmas Purbayan

Pertanyaannya adalah bagaimana membedakan antara kaum Aad dan kaum Ibrahim?
Aad adalah nama sebuah suku.
Ibrahim adalah nama salah satu nabi.
Maksud dari frasa kaum Ibrahim adalah bahwa kaum itu pengikut Ibrahim atau bisa juga sebuah kaum yang Ibrahim menjadi bagiannya. Jadi, bukan kaum yang bernama Ibrahim.
Saya masih mencari jawabannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan memberi komentar.